Rabu, 17 Desember 2014

Tutorial Merakit Komputer Super Cepat

Tutorial Merakit Komputer Super Cepat
Sebelum Lw Merakit Komputer Sendiri, perhatikan mengenai ilmu yang telah dipunyai, apakah sudah memahami dasar-dasar perakitan? Memahami spesifikasi dari komponen & peripheral yg akan dipasang? Itu penting! Dan jangan asal mengikuti saran orang-orang tertentu yg bahkan Anda kurang begitu kenal dgn orang itu (Selain penulis :-) ). Dlm merakit Komputer PC atau disebut jg Desktop PC, dibutuhkan pengetahuan dasar tentang fungsi-fungsi dari semua spare-part hardware komputer. Selain tersebut pengetahuan tentang spesifikasi menjadi sebuah keharusan.

 

Tutorial Merakit Komputer Super Cepat

Ketika kita menginginkan spesifikasi komputer khusus seperti utk desain grafis serta gaming PC tentu berbeda dengan PC kantoran. Memang ada Desktop PC Build-up, namun khusus desain grafis kebanyakan komputer rakitan pabrik kurang mampu merender grafis kedalam bentuk gambar dan video dgn cepat (setidaknya itulah yg aku dpt di beragam sumber situs/blog/forum). Oleh lantaran itu diperlukanlah spesifikasi khusus agar mempermudah pekerjaan designer tersebut.

Beberapa Hal penting Sebelum Kamu Merakit Komputer Sendiri
Merakit Komputer Sendiri

Berikut ialah beberapa hal penting, sebelum Anda Merakit Komputer Sendiri diantaranya adalah;

1. Kenali Tujuan Anda Merakit
Tujuan merakit komputer sendiri itu utk apa? Ini musti dikenali sejak awal. Merakit komputer untuk aktivitas standar sekedar ngetik serta internetan, utk game berat, workstation, engineering design, dan lain-lain, semua tentu beda. PC game membutuhkan grafik yg sangat baik, sedangkan untuk kantoran tidak terlalu dibutuhkan kualitas grafik. Oleh karena tersebut VGA utk game lebih mahal daripada yang terpasang untuk komputer kantoran.

2. Kenali Kecukupan Budget Anda
Dalam menghitung, memprediksikan uang utk membeli komponen & peripheral komputer rakitan sendiri, perlu diadakan survei dari tujuan kita. Misalnya; Mau merakit komputer game berat, maka lihat spesifikasi game berat tersebut, biasanya ada minimum requirement specification dan recommended-nya. Dgn itu, kami bisa melihat-lihat biaya Mobo, VGA serta RAM yang ada dipasaran. Dari situ, dapatlah harga yg di-estimasi-kan.

Jika “dompet” Sampean tdk cukup untuk merealisasikan tujuan dalam merakit komputer, untuk apa kami paksakan & menurunkan spesifikasi yg jelas-jelas gak memenuhi persayaratan itu? Sabar dan menunggu budget tercukupi merupakan jalan yg baik mencapai kepuasan. Disamping itu, sambil jalan, kamu mempelajari perkembangan beberapa merk Motherboard, PSU, Processor, dan peripheral seperti keyboard, mouse, monitor serta beberapa lagi yang mungkin diperlukan.

3. Keseimbangan Komponen Utama Penting
Selanjutnya, dalam merakit komputer sendiri perlu adanya keseimbangan komponen-komponen khususnya komponen utama yg akan kami pasang. Setiap komponen hardware yg dipasang haruslah berimbang, misalnya anda menggunakan motherboard dgn prosesor 1.2 GHz maka sebaiknya jangan menggunakan RAM kurang dari 256MB serta tak pas jg menggunakan RAM diatas 2GB. Begitu juga dgn power supply yg digunakan hrs mampu mendukung kecepatan putaran HDD dan prosesor.

4. Kualitas & Popularitas Komponen
Khususnya komponen utama perlu dipertimbangkan kualitasnya. Merk atau Brand yg bagus seperti ASUS Motherboard sudah tdk diragukan lagi, namun biasanya mahal. Serta terkadang merk ini ngga begitu menerima rating tinggi di berbagai situs.

Menurut pandangan pribadi, yang populer tersebut berada ditengah-tengah atau kalau tak dia berada paling bawah (walaupun tak selalu :-) ). Kalau komponen itu paling mahal menunjukkan spesifikasinya memang telah berada pada kelas high-end, namun belum tentu itu populer. Dlm kasus yg sama ada komponen yg spesifikasinya sama namun harganya lebih murah, nah, ini yg biasanya populer.

5. Estimasi Tempat Penyimpanan
Kebutuhan HDD berapa GB yg akan dipasang, terkadang tidak diperhatikan. Jika kami butuh ruang sekitar 250GB maka HDD yg dibutuhkan tentu tidaklah 250GB tetapi lebih besar dari itu, contohnya 500GB (bukan berarti 2X, tetapi lihat yang ada dipasaran), gak lain supaya ada ruang lebar untuk sistem windows ataupun linux supaya berjalan cepat.

Ini mungkin berguna: Perlu dipertimbangkan pemakaian 2 drive sebagai alternatif penyimpanan, sisi sistem memakai SSD, sedangkan sisi tempat penyimpanan data gunakan HDD. SSD terkenal lebih cepat dalam booting sistem & eksekusi program, sekaligus lebih aman.

6. Power Suply (PSU) Ngga Main-main & UPS Jangan diabaikan
Gunakan power supply yg mampu memenuhi kebutuhan power keseluruhan komponen PC rakitan sendiri tersebut, setiap komponen komputer membutuhkan power untuk bekerja. Utk PSU saya tak ada rekomendasi lain selain mencari harga yang tinggi, titik! PSU sangat vital, urusannya dgn toleransi daya yang diterima oleh komponen-komponen komputer.

UPS sangat diperlukan saat Sampean berada pada daerah yg angin-anginan pasokan PLN nya. Terpaksa menambah dana untuk ini. Atau bila terpaksa ngga ingin membeli UPS dulu alias “pending”, nekad menggunakan SSD utk drive windows/linux system-nya (lihat poin 5), tersebut juga ialah solusi sementara yang cukup layak dipakai. Namun sambil jalan, perlu adanya budget tambahan utk order UPS. Lambat laun, jika berkali-kali listrik mati, semuanya akn rusak. Yg tadinya mau irit malah tambah sulit.

******

Itulah beberapa hal penting Sebelum Sampean Merakit Komputer Sendiri. Mungkin ngga begitu sempurna, tetapi paling ngga ilmu bertambah. Selamat Malam!Sebelum Lw Merakit Komputer Sendiri, perhatikan mengenai ilmu yang telah dipunyai, apakah sudah memahami dasar-dasar perakitan? Memahami spesifikasi dari komponen serta peripheral yg akan dipasang? Tersebut penting! Serta jangan asal mengikuti saran orang-orang tertentu yang bahkan Engkau kurang begitu kenal dgn orang tersebut (Selain penulis :-) ). Dlm merakit Komputer PC atau disebut juga Desktop PC, diperlukan pengetahuan dasar tentang fungsi-fungsi dari semua spare-part hardware komputer. Selain itu pengetahuan tentang spesifikasi menjadi sebuah keharusan.

Ketika kami menginginkan spesifikasi komputer khusus seperti utk desain grafis serta gaming PC tentu berbeda dengan PC kantoran. Memang ada Desktop PC Build-up, namun khusus desain grafis kebanyakan komputer rakitan pabrik kurang mampu merender grafis kedalam bentuk gambar & video dengan cepat (setidaknya itulah yang gw bisa di beragam sumber situs/blog/forum). Oleh karna tersebut diperlukanlah spesifikasi khusus agar mempermudah pekerjaan designer tersebut.

Beberapa Hal penting Sebelum Anda Merakit Komputer Sendiri
Merakit Komputer Sendiri

Berikut adalah beberapa hal penting, sebelum Nte Merakit Komputer Sendiri diantaranya adalah;

1. Kenali Tujuan Anda Merakit
Tujuan merakit komputer sendiri itu utk apa? Ini musti dikenali sejak awal. Merakit komputer untuk aktivitas standar sekedar ngetik dan internetan, utk game berat, workstation, engineering design, & lain-lain, semua tentu beda. PC game membutuhkan grafik yang sangat baik, sedangkan untuk kantoran tak terlalu diperlukan kualitas grafik. Oleh lantaran tersebut VGA untuk game lebih mahal daripada yang terpasang utk komputer kantoran.

2. Kenali Kecukupan Budget Anda
Dalam menghitung, memprediksikan uang untuk membeli komponen serta peripheral komputer rakitan sendiri, perlu diadakan survei dari tujuan kita. Misalnya; Ingin merakit komputer game berat, maka lihat spesifikasi game berat tersebut, biasanya ada minimum requirement specification & recommended-nya. Dengan itu, kami bisa melihat-lihat biaya Mobo, VGA & RAM yang ada dipasaran. Dari situ, dapatlah biaya yg di-estimasi-kan.

Jika “dompet” Anda tak cukup untuk merealisasikan tujuan dlm merakit komputer, untuk apa kita paksakan & menurunkan spesifikasi yang jelas-jelas gak memenuhi persayaratan itu? Sabar & menunggu budget tercukupi ialah jalan yg baik mencapai kepuasan. Disamping itu, sambil jalan, anda mempelajari perkembangan beberapa merk Motherboard, PSU, Processor, dan peripheral seperti keyboard, mouse, monitor serta beberapa lagi yang mungkin diperlukan.

3. Keseimbangan Komponen Utama Penting
Selanjutnya, dlm merakit komputer sendiri perlu adanya keseimbangan komponen-komponen khususnya komponen utama yang akan kita pasang. Setiap komponen hardware yg dipasang haruslah berimbang, misalnya lw menggunakan motherboard dgn prosesor 1.2 GHz maka sebaiknya jangan menggunakan RAM kurang dari 256MB dan tak pas juga menggunakan RAM diatas 2GB. Begitu jg dengan power supply yang digunakan harus mampu mendukung kecepatan putaran HDD & prosesor.

4. Kualitas serta Popularitas Komponen
Khususnya komponen utama perlu dipertimbangkan kualitasnya. Merk atau Brand yang bagus seperti ASUS Motherboard telah tdk diragukan lagi, namun biasanya mahal. & terkadang merk ini tak begitu menerima rating tinggi di beragam situs.

Menurut pandangan pribadi, yg populer itu berada ditengah-tengah atau kalau ngga dia berada paling bawah (walaupun tidak selalu :-) ). Kalau komponen tersebut paling mahal menunjukkan spesifikasinya memang telah berada pada kelas high-end, namun belum tentu tersebut populer. Dalam kasus yang sama ada komponen yang spesifikasinya sama namun harganya lebih murah, nah, ini yang biasanya populer.

5. Estimasi Tempat Penyimpanan
Kebutuhan HDD berapa GB yg akn dipasang, terkadang tdk diperhatikan. Bila kami butuh ruang sekitar 250GB maka HDD yg diperlukan tentu tidaklah 250GB tetapi lebih besar dari itu, misalnya 500GB (bukan berarti 2X, tapi lihat yang ada dipasaran), ngga lain supaya ada ruang lebar untuk sistem windows ataupun linux supaya berjalan cepat.

Ini mungkin berguna: Perlu dipertimbangkan pemakaian 2 drive sebagai alternatif penyimpanan, sisi sistem memakai SSD, sedangkan sisi tempat penyimpanan data gunakan HDD. SSD terkenal lebih cepat dalam booting sistem & eksekusi program, sekaligus lebih aman.

6. Power Suply (PSU) Ngga Main-main serta UPS Jangan diabaikan
Gunakan power supply yang mampu memenuhi kebutuhan power keseluruhan komponen PC rakitan sendiri tersebut, setiap komponen komputer membutuhkan power untuk bekerja. Utk PSU saya gak ada rekomendasi lain selain mencari biaya yang tinggi, titik! PSU sangat vital, urusannya dgn toleransi daya yang diterima oleh komponen-komponen komputer.

UPS sangat dibutuhkan ketika Lw berada pada daerah yang angin-anginan pasokan PLN nya. Terpaksa menambah dana utk ini. Atau jika terpaksa ngga mau membeli UPS dulu alias “pending”, nekad menggunakan SSD utk drive windows/linux system-nya (lihat poin 5), tersebut jg merupakan solusi sementara yg cukup layak dipakai. Namun sambil jalan, perlu adanya budget tambahan untuk order UPS. Lambat laun, jika berkali-kali listrik mati, semuanya akn rusak. Yang tadinya mau irit malah tambah sulit.

******

Itulah beberapa hal penting Sebelum Lw Merakit Komputer Sendiri. Mungkin gak begitu sempurna, tetapi paling tak ilmu bertambah. Selamat Malam!

Source http://www.adhitsblog.com/2014/12/cara-merakit-komputer-super-lengkap-bag-2.html

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tutorial Merakit Komputer Super Cepat

0 komentar:

Poskan Komentar